Kenapa kita harus menciptakan Peluang Usaha diluar jam kerja ?

peluang usaha11916103_10204939176661692_7691978137481108915_n

Peluang Usaha

Seminggu yang lalu saya bertemu dengan seseorang, beliau adalah salah satu karyawan BUMN terkenal di Jakarta. Kami dipertemukan karena sedang mengerjakan proyek pemasangan karpet. setelah berbincang panjang lebar kami menceritakan awal mula merintis usaha sampai akhirnya berani memutuskan keluar kerja proses itu saya alami kurang lebih hampir 6 tahun.

Beliau bercerita sebentar lagi akan pensiun, kurang lebih 2 tahun lagi. Sampai saat ini beliau belum memiliki persiapan apapun untuk menghadapi pensiun. Mungkin salah satu asetnya adalah putranya yang sekarang masih dibangku kuliah.

Meskipun gajinya diatas 10 juta namun pada saat pensiun nanti mungkin hanya seperempat saja yang diterima. Jaman sekarang uang segitu dan mungkin kehidupan yang terbiasa dengan gaji besar tidak akan cukup.

Apa yang harus saya lakukan pak heru dengan umur yang sudah tua ini ?……….

Sebenarnya tidak ada kata terlambat, banyak orang yang sukses dengan meniti karier setelah pensiun dan banyak juga orang yang sukses meski umurnya baru kepala 2, tinggal kita mo pilih yang mana ?

Insyaallah dua tahun bisa untuk memulai usaha, usaha tidak harus ditangani sendiri tapi bisa menggunakan prinsip Pak Purdi : botol , bobol dan bodol yaitu bisnis pakai tangan orang lain jadi kita bisa membayar orang lain untuk mengerjakan bisnis kita, dengan teknologi sekarang ini, kita bisa mengatur semua bisnis kita meskipun kita tidak ada ditempat. Atau dengan bobol yaitu kita membeli frenchise bisnis yang berjalan saat ini seperti, kebab, tahoo goolek atau yang besar seperti indomart atau alfamart. Kemaren saya bertemu dengan seorang wirausaha di alexindo bekasi, beliau telah memiliki 6 cabang kebab dengan penghasilan yang lumayan bagus.

Kenapa kita harus memulainya dari sekarang ?

Pernah saya memutuskan untuk mencari kerja diluar agar pendapatan saya bisa bertambah. Alhamdulillah berkat saran dari temen dan motivator saya mas Hasan, tidak jadi saya lanjutkan. Saya inget waktu itu mas Hasan tanya ke saya.

“Mengapa kamu mau cari kerja lagi her ?” tanya Mas Hasan, setelah saya diskusi panjang lebar tentang pekerjaan dan saya mengutarakan niat untuk mencari kerja di tempat lain dengan membuat surat lamaran pekerjaan.

“Saya ingin memperbaiki nasib mas Hasan, siapa tau nanti di tempat baru karier saya lebih bagus dan gaji saya lebih tinggi dari sekarang.”  Jawabku

“Kamu kerja disini nyaman ngga mas, atau ada yang membuat kamu tidak betah kerja disini ?” Tanyanya lagi.

“Ngga mas, disini saya nyaman sekali, betah, fasilitas memadai, tunjangan juga bagus, temen – temen kerja juga enak dan saya happy kerja disini”. Jawabku lagi

” Trus yang jadi masalah apa, kok kamu ingin pindah ketempat lain, bukannya disini kamu sudah cocok segalanya.”

“Itu mas, gaji, gimana juga kita perlu meningkatkan penghasilan, kalau kita begini terus gimana kita bisa dapat uang lebih dan karier juga saya belum tahu karena mungkin kemampuanku disini kurang optimal, mungkin kalau ditempat lain bisa dapat posisi yang lebih baik.”

“Mas Heru kerja disini sudah enak, nyaman dari segi lingkungan juga enak kenapa harus pindah ? kalau memang yang menjadi kendala adalah penghasilan mengapa ngga cari penghasilan sampingan saja ???? Mas Heru bisa bisnis sambilan kan waktu luang banyak, tempat kerja enak, kalau ditempat baru siapa yang bisa menjamin kerja nyaman, mungkin gaji kita lebih besar dari yang kita terima sekarang tapi apakah sebanding dengan kenyamanan yang didapat sekarang, bagaimana kalau nanti disana kerja dibawah tekanan, tidak bisa happy, atau lingkungan kerja tidak mendukung. Apa ngga bosan jadi karyawan terus mending sekali keluar langsung punya perusahaan sendiri, jadi boss diri sendiri, kalau keluar hanya pindah boss saja sama aja lepas dari mulut buaya masuk ke mulut macan hehehhe. ” Kata Mas Hasan waktu itu.

Bener juga yaa, mengapa saya harus melamar kerja, toh juga masih jadi karyawan juga belum tentu nanti ditempat baru kita lebih enak dan nyaman dalam bekerja, karena kenyaman dalam bekerja sangat berpengaruh. Lebih baik kita memulai usaha siapa tahu nanti kalau usaha sudah besar kita bisa keluar untuk mengelola usaha kita sendiri. Jadi keluar untuk menjadi pengusaha bukan pindah pekerjaan.

Dengan umur yang masih produktif kita bisa lebih fleksible kemana-mana dengan target umur 40 an kita sudah mapan dalam arti kita harus sudah memiliki pilihan hidup yang tetap. apakah kita akan melanjutkan kerja dengan mengejar karier atau kita banting setir untuk wiraswasta.
Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkanmengapa kita harus segera untuk memulai menciptakan peluang usaha diluar jam kerja :

Yang pertama bahwa setiap karyawan atau pegawai manapun baik swasta maupun negeri pasti akan berakhir masa kerjanya dan tidak lagi bekerja dengan 3 alasan yaitu :

Pensiun, setiap pegawai baik swasta maupun negeri pasti ada usia pensiun, biasanya antara 55 sd 60 tahun, disaat itu mereka tidak lagi bekerja, tentunya penghasilannya kan berkurang bahkan kalau di swasta benar – benar hilang setelah pensiun tapi masih mendapatkan pesangon yang mungkin hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan beberapa tahun saja.

PHK, terjadi jika ada sesuatu sama perusahaan atau tempat kita kerja. Faktor PHK karena berbagai masalah baik itu masalah perusahaan atau masalah pribadi yang bersangkutan. Dalam kondisi ini biasanya pekerja tidak siap dan banyak yang stress gara – gara kena PHK. Banyak yang kesusahan dalam mencari kerja kembali setelah kena PHK bahkan banyak yang memiliki ijasah tinggi kebingungan untuk mendapatkan uang meskipun hanya sebesar 20rb !!!! mengapa ???

Karena mereka sudah terbiasa kerja ikut orang dan tidak pernah mencoba atau belajar wirausaha. Golongan yang banyak terpukul karena korban dari PHK adalah yang berpendidikan S1, mereka memiliki beban gelar ijasah yang melekat di dirinya. Mau kerja kasar ngga pantas, apalagi jualan bagaimana nanti orang melihatnya.

Yang terakhir karena Meninggal Dunia, Banyak sekali kita jumpai keluarga yang ditinggal mati oleh suaminya kehidupannya turun dratis, karena sang suami tidak mempersiapkan apapun kepada istrinya untuk bertahan hidup. Pada saat sang suami meninggal, maka semua penghasilan yang biasa didapat dari suami langsung terputus, kalau pegawai negeri masih dapat uang pensiun tapi kasihan yang pegawai swasta.

Dari ketiga hal diatas perlu sekali bagi kita untuk belajar wirausaha, jangan dilihat hasilnya tapi belajar prosesnya karena selain menambah penghasilan , belajar wirausaha itu juga melatih kesabaran, melatih kejujuran, melatih keuletan dan melatih kedisiplinan.

Diluar alasan diatas mengapa kita harus segera menciptakan peluang usaha karena diluar banyak orang yang membutuhkan kita. ( saya pernah mendengarkan nasehat di radio dakta dari pesantren enterpreniur : orang yang nerimo dan tidak neko – neko dengan merasa hidup sudah cukup dengan membahagiakan keluarga ternyata termasuk orang yang egois kenapa ? karena banyak yang diluar sana memerlukan pemikiran dan kerja keras kita. Apakah kita berdiam diri melihat banyak sekali pengangguran disekitar kita bahkan saudara kita dikampung mungkin juga masih banyak yang menganggur. Sebaik – baik orang adalah orang yang banyak manfaatnya bagi banyak orang.

Semoga kita termasuk orang yang bermanfaat bagi banyak orang, ……..

Terimakasih/ wassalam

Semoga bermanfaat

 

Heru Purnomo / CEO HJKARPET

2 thoughts on “Kenapa kita harus menciptakan Peluang Usaha diluar jam kerja ?”

  1. Wah mantap pak heru..saya pernah jalani arisan karpet member dari dakta..hasilx lmyn..tp skrg dah nggak fokus lagi terkwndala wkt krn saya skrg handle katering snack sd…yg jd masalah buat saya diadalah suami yg sama sei tdk.punya jiwa enterpreneur..pdhl pwnghasikan oas2an..karyawan harian lepas..bahkan ketika saya sarankan mw.cari tmbhn justru jwbnx diamampux cm swgitu ko mau lebih saya harus berusaha sendiri..kalo mau jujur sakit mendengar pwrnyataan spt itu dari aworang qowwam..tp ada daya itulah realitax..dan itu harus saya jadikan sebagai cemetisaya utk.maju…yg ingin saya tanyakan sampai kapan keanggotaan member hj.karpet berlaku..menginggat saya dahampt vakum…ada rencana jalan lagi dan main ke kantor pusat utk informasi.lbh lanjut..trmksh..salam.sukses menebar kebwrkahan..aamin

  2. Assalamualaikum Pak Heru, wah inspirasi sekali, mohon arahan, saya ini manusia yg kerja doang, ngandelin gaji doang, mohon bimbingan cara usaha pak…Bagaiman bisa ?, untuk modal yg seperti saya yg hanya pas pasan?

    Terima kasih
    Wassalamualaikum

Tinggalkan Balasan