Bagaimana Menghilangkan Sakit Kepala Dengan Mudah?

Sakit kepala merupakan gangguan kesehatan yang gampang muncul. Seseorang bisa sakit kepala saat stres, kurang nutrisi tertentu, kurang minum, sampai terkena infeksi.

Berikut beberapa cara menghilangkan sakit kepala secara alami yang mudah dan bisa dijajal di rumah :

Perbanyak Minum Air Putih

dehidrasi atau kekurangan cairan merupakan salah satu penyebab umum sakit kepala jenis ketegangan dan migrain. Ketika penderita sakit kepala migrain atau ketegangan yang segera diberi banyak air putih, masalah kesehatan ini bisa segera reda dalam waktu setengah jam sampai tiga jam.

Tidur Yang Cukup

Kurang tidur juga dapat menyebabkan sakit kepala, terutama jika Anda tidur kurang dari enam jam di malam hari. Sebaliknya, terlalu banyak tidur atau tidur belasan jam per hari juga dapat memicu sakit kepala. coba tidur cukup dan berkualitas selama tujuh sampai sembilan jam per hari.

Hindarin Makanan Memicu Sakit Kepala

Beberapa orang mengalami sakit kepala setelah mengonsumsi makanan tertentu seperti keju, alkohol, cokelat, jeruk, sampai kopi. Untuk mencegah masalah kesehatan ini, orang yang sensitif histamin atau alergi makanan tertentu sebaiknya menghindari segala makanan pemicu sakit kepala.

Gunakan Minyak Relaksasi

Minyak esensial lavender dan peppermint juga dapat digunakan sebagai obat sakit kepala alami. Cara menghilangkan sakit kepala secara alami dengan minyak esensial peppermint cukup mudah. Oleskan sedikit minyak ini yang sudah diencerkan ke pelipis.

Kompres Air Dingin

Cara menghilangkan sakit kepala secara alami lainnya yakni dengan kompres dingin pada leher atau area sekitar kepala. Kompres dingin membantu mengatasi sakit kepala dengan mengurangi peradangan, memperlambat konduksi saraf, dan menyempitkan pembuluh darah.

Kompres Air Panas

Selain kompres dingin, kompres panas juga dapat membantu mengatasi sakit kepala secara alami, terutama jenis sakit kepala sampai ke leher. Anda bisa meletakkan bantalan pemanas di leher atau bagian belakang kepala. Selain itu, coba untuk mandi air hangat yang efeknya juga mirip dengan kompres panas.

Lakukan Pijatan Kecil

Beberapa penelitian membuktikan, memijat beberapa bagian tubuh bisa membantu menghilangkan sakit kepala secara alami. Pijat ringan ini dapat membantu meredakan sakit kepala karena otot tegang yang kemungkinan muncul saat stres.

Relaksasi

Relaksasi juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan sakit kepala secara alami, terutama akibat stres. Anda bisa melakukan beberapa jenis relaksasi saat masalah kesehatan ini menyerang. Opstinya bisa dengan yoga, meditasi, atau sekadar bersantai sejenak.

Minum Jahe

Jahe mengandung zat antioksidan dan antiperadangan yang potensial untuk membantu mengatasi sakit kepala. Sebuah penelitian terhadap 100 orang menemukan, konsumsi jahe efektif untuk menghilangkan sakit kepala jenis migrain. Tak hanya meredakan sakit kepala, minum seduhan jahe juga membantu mengurangi gejala penyerta migrain dan sakit kepala parah seperti mual sampai muntah. Agar lebih rileks ketika sakit kepala menyerang, sebelum minum wedang jahe, hirup sejenak wanginya sebelum menyeruput minuman ini.