Bulan Suci Ramadhan di Tengah Pandemi Corona

Beranda > Artikel > Bulan Suci Ramadhan di Tengah Pandemi Corona

Bulan Suci Ramadhan di Tengah Pandemi Corona

Bulan Suci Ramadhan di Tengah Pandemi Corona

Tak lama lagi kita akan memasuki bulan suci ramadhan. bagi penganut islam ini adalah bulan dimana kita diwajibkan melaksanakan ibadah puasa.

yang semulanya kita rutin meminum vitamin dan meminum banyak air putih dalam sehari, kita harus dihadapi untuk menahan makan dan minum selama 12 jam penuh.

namun bagaimana caranya agar tetap bisa menjaga tubuh agar terhindar dari virus ditengah pandemi corona ini dalam ibadah puasa?

Cara agar tetap bisa menjaga tubuh agar terhindar dari virus ditengah pandemi corona

Dokter Spesialis Gizi menganjurkan saat berpuasa ditengah pandemi virus Covid-19 asupan gizinya pada saat sahur diharuskan seimbang.

Jadi kalau sebelum pandemi sudah makan gizi seimbang, pada saat pandemi juga makan gizi seimbang. Perubahan asupan gizi hanya terjadi kalau tubuh kita mendapatkan pemicu dari luar.

Pemicu dari luar dapat berupa infeksi, luka, baik infeksi corona COVID-19 maupun penyakit lainnya.

Hal terpenting adalah menjaga tubuh agar tidak terinfeksi. Kebersihan diri harus dijaga, jangan keluar, jangan lupa cuci tangan,

jadi tubuh kita tidak usah berlebihan kalau tidak ada pemicu dari luar, kalau ada pemicu baru minum tambahan. Makan yang baik ikuti anjuran gizi seimbang itu cukup.

Anjuran ODP dan PDP

kemudian anjuran puasa bagi orang dalam pengawasan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP), boleh puasa selama tidak ada gejala dan tidak memiliki kebutuhan untuk meminum obat secara rutin.

jika dianjurkan untuk tidak berpuasa dulu mengingat asupan obat harus dikonsumsi secara rutin, sesuai kebutuhan saja, kalau ada obat yang perlu diminum ya diperbolehkan tidak puasa.

Gizi Seimbang

bagi masyarakat Indonesia yang akan berpuasa di tengah pandemi  diimbau untuk mematuhi anjuran pemerintah untuk tetap di rumah. dan pastikan makan sahur dengan gizi yang seimbang,

memperhatikan cairan untuk tubuh pada saat berbuka dan sahur, serta konsumsi multivitamin untuk tetap menjaga tubuh kita dari berbagai virus.

Share