Cara Membersihkan Rumah Usai Isolasi Mandiri

Beranda > Artikel > Cara Membersihkan Rumah Usai Isolasi Mandiri

Cara Membersihkan Rumah Usai Isolasi Mandiri

Bagi seseorang yang terkonfirmasi positif Covid-19 namun tak bergejala atau disebut orang tanpa gejala (OTG) serta ringan dapat melakukan isolasi mandiri di rumah

Namun, ada satu permasalahan muncul ketika pasien dengan kategori tersebut dinyatakan sembuh seperti bagaimana mereka membersihkan rumah dengan benar. terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan berdasarkan tiga waktu yaitu kurang dari 24 jam, antara 24 jam dan 3 hari, dan usai tiga hari.

Kurang Dari 24 Jam

Sejatinya, Anda tidak diizinkan langsung membersihkan rumah setelah dinyatakan negatif dan harus menunggu beberapa jam. Perlu diingat, pembersihan dan disinfeksi rumah secara menyeluruh perlu dilakukan oleh seseorang yang sehat atau orang rumah yang tidak terinfeksi Covid-19.

Pertama, hal yang dilakukan adalah memakai masker dan menggunakan sarung tangan saat membersihkan sekaligus disinfeksi ruangan.

Lalu, bersihkan dan disinfeksi permukaan di area yang digunakan oleh orang yang awalnya terinfeksi Covid-19 seperti kamar tidur dan kamar mandi. Selanjutnya, buka jendela dan gunakan kipas angin untuk membantu meningkatkan aliran udara, dan pastikan menggunakan jenis disinfektan yang aman.

Antara 24 Jam dan 3 Hari

Anda perlu melakukan pembersihan secara menyeluruh atau sama seperti yang dilakukan di atas, tanpa melakukan disinfeksi dan tetap menggunakan masker.

Anda cukup membersihkan rutin atau seperti biasa dilakukan. Mislanya, bersihkan permukaan yang paling sering disentuh seperti remot kontrol, laptop, pegangan pintu, meja, saklar lampu, dan lain sebagainya.

Share