CARA MENGHILANGKAN PIKIRAN NEGATIF DENGAN SEDIKIT KOMITMEN

Beranda > Artikel > CARA MENGHILANGKAN PIKIRAN NEGATIF DENGAN SEDIKIT KOMITMEN

CARA MENGHILANGKAN PIKIRAN NEGATIF DENGAN SEDIKIT KOMITMEN

Hay sobat HJ kali ini saya ingin membagikan cara menghilangkan pikiran negatif dengan sedikit komitmen. Kadang, pikiran negatif dapat menyerang dan menjadi racun untuk kondisi psikologis dan suasana hati Entah saat Anda bekerja, belajar, bersama dengan orang tercinta, dan sebagainya. Kalau sudah sangat mengganggu ketenteraman diri dan tak dapat dikontrol, Anda perlu mempraktikkan cara menghilangkan pikiran negatif berikut ini.

Berikut ini cara menghilangkan pikiran negatif, agar tak terus mengganggu hari bahagia Anda.

1. Mengenali pikiran negatif yang muncul

Mengenali dan mengidentifikasi pikiran negatif memang sulit dilakukan. Kadang, apa yang muncul di benak Anda terjadi secara spontan.

Observasi dan identifikasi tersebut membantu Anda untuk mengenali bagaimana pikiran negatif itu muncul. Saat Anda mulai mengenal polanya, Anda akan lebih mudah untuk menyingkirkannya. Mengenali pikiran negatif yang muncul tersebut menjadi cara awal untuk menghilangkannya.

2. Mencatat pola dan area pikiran negatif

Setelah mampu mengidentifikasi pikiran negatif, Anda bisa membuat jurnal untuk mengetahui pola dan area yang paling sering memancing pikiran negatif. Area tersebut dapat beraneka ragam, misalnya:

  • Pekerjaan, seperti tidak percaya diri dengan hasil kerja yang dilakukan atau khawatir dengan pekerjaan di masa depan.
  • Hubungan percintaan. Misalnya tidak pede dengan bentuk tubuh untuk disukai calon pasangan.
  • Performa akademik. Misalnya meragukan kemampuan diri untuk mencapai prestasi atau merasa menjadi yang paling bodoh di kelas.

Anda bisa memulai langkah menenangkan pikiran tersebut dengan memfokuskan diri pada satu area terlebih dahulu.

3. Menyediakan alternatif untuk pikiran negatif tersebut

Anda dapat memulai menghilangkan pikiran negatif yang muncul dengan memberikan ide alternatif. Misalnya, pikiran bahwa Anda tak memiliki kompetensi dalam pekerjaan dapat dilawan dengan memunculkan “kekuatan” yang Anda miliki.

Cara tersebut dapat berupa mengingat prestasi yang pernah dicapai di pekerjaan tersebut, atau mengingatkan diri bahwa Anda lulus dan pantas diterima di pekerjaan tersebut.

4. Memberikan afirmasi terhadap diri

Ciptakan pernyataan-pernyataan positif atau afirmasi yang dapat melawan pikiran negatif dan menghilangkannya. Afirmasi tersebut diucapkan berulang-ulang setiap harinya.

Dalam sebuah studi yang dimuat dalam Social Cognitive and Affective Neuroscience, afirmasi diri mengaktifkan bagian otak yang berkaitan dengan proses diri dan penghargaan diri.

Aturan berikut harus Anda terapkan: Jangan pernah mengatakan hal-hal pada diri sendiri yang tak akan pernah Anda katakan pada orang lain.

5. Berteman dengan orang-orang yang memberikan suasana positif

Pikiran negatif kadang dapat berasal dari orang-orang sekitar. Pastikan Anda berteman dengan orang-orang yang dapat memberikan perspektif positif terhadap diri serta mendukung dengan hal-hal baik yang Anda tekuni. Orang-orang ini dapat memberikan nasihat dan feedback, yang membantu Anda untuk berkembang lebih baik.

6. Menjalani gaya hidup sehat

Gaya hidup sehat pun tak hanya penting untuk kesehatan fisik, namun juga untuk kesehatan mental dan pikiran. Olahraga dan latihan fisik, misalnya, memengaruhi mood secara positif dan dapat mengurangi stres. Makanan sehat juga menjadi bahan bakar yang diperlukan pikiran dan tubuh.

Share