Cara Menjaga Kesehatan Agar Tetap Sehat dan Bugar

Beranda > Artikel > Cara Menjaga Kesehatan Agar Tetap Sehat dan Bugar

Cara Menjaga Kesehatan Agar Tetap Sehat dan Bugar

Cegah Corona, 9 Kebiasaan Ini Dapat Membuat Tubuh Tetap Sehat dan Bugar - ATEJA NEWS

Kesehatan merupakan harta yang tak ternilai harganya. Oleh sebab itu agar tetap sehat orang rela melakukan apa saja. Segala cara yang dilakukan baik yang bernilai medis maupun non medis, dari yang logis hingga yang bernuansa supernatural adalah beragam usaha yang dilakukan oleh banyak orang dari berbagai kalangan untuk senantiasa sehat atau mendapatkan kembali kesehatannya.

Karena orang yang mempunyai kesibukan tinggi dia akan mudah sekali lelah. Saat tubuh capek ataupun lelah sistem imun akan melemah, dan saat imun melemah itulah berbagai macam penyakit akan bisa masuk ke dalam tubuh. Orang yang sibuk dengan pekerjaannya pun akan kesulitan dalam mengatur pola tidurnya sehingga saat seseorang memiliki jam tidur malam yang sedikit dia akan mudah terkena berbagai macam penyakit akibat kurang tidur. Tidak hanya itu saja orang dengan kesibukan tinggi sering terkena stres dimana stres itu adalah penyebab utama dari berbagai macam penyakit serius.

Berikut ini ada beberapa cara menjaga kesehatan tubuh atau cara hidup sehat yang dapat kita jadikan rujukan agar tubuh tetap fit dan sehat serta senantiasa bahagia dalam menjalani hidup.

Berpikiran Positif

Pikiran positif sangat penting bagi kehidupan dan kesehatan kita. Karena jika kita sering berpikiran buruk, energi yang buruk akan menyelimuti tubuh dan memicu stress sehingga kita harus menghindarinya.

Kita juga harus menjauhi orang-orang dengan pola pikir negatif. Sikap mental yang positif merupakan bagian penting dari hidup sehat. Ini tentu menjadikan kita tidak perlu untuk mendekati Orang-orang berpikiran negatif yang akan meracuni pikiran kita dengan segala pemikiran yang dapat menyebabkan stres yang berdampak buruk untuk kesehatan Anda.

Kendalikan Stress

Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat kita harus bisa mengendalikan stress yang kita miliki. Jangan pernah menganggap remeh penyakit stress ini. Stress yang tidak segera diatasi akan berubah menjaid depresi. Depresi merupakan tingkatan gangguan psikis yang lebih membahayakan dibandingkan dengan stress. Orang yang depresi bahkan bisa membahayakan keselamatan dirinya sendiri. Stres ini biasanya muncul di lingkungan kerja, lingkungan keluarga, lingkungan sosial atau bahka di lingkungan pergaulan. Agar terhindar dari depresi ada baiknya kita mengetahui bagaimana cara mengatasi stress yang efektif.

Kenali Bahasa Tubuh

Kelelahan setelah melakukan aktifitas atau berolahraga merupakan bahasa tubuh kita untuk menyampaikan pesan bahwa tubuh perlu berisitrahat. Tanggapi pesan tersebut dengan mengistirahatkan tubuh. Kita harus sadar bahkan untuk hal kecil sekalipun, misal mata yang terasa perih dan berair ketika bekerja di depan komputer, itu berarti mata kita sudah lelah dan butuh istirahat. Jangan paksakan kalau tidak ingin mengalami gangguan pada mata.

Beristirahat merupakan kondisi alamiah yang dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan stamina yang telah terkuras. Istirahat yang cukup dan teratur merupakan kunci sehat yang harus kita lakukan. Tidur merupakan istirahat terbaik, dan usahakan waktu tidur berkualitas sekitar 7 sampai 8 jam perhari terpenuhi. Jangan kurang dan jangan berlebihan, sebab kebanyakan tidur pun akan memicu timbulnya penyakit.

Menjaga Pola Makan

Kita harus bisa menjaga pola makan, jangan sampai kita meninggalkan sarapan dan atur selalu jam makan. Orang yang tidak bisa menjaga pola makannya dia akan mudah sekali terkena penyakit maag.

Gejala penyakit maag pertama yang akan dirasakan orang yang tidak memiliki pola makan yang teratur adalah perut terasa melilit dan sering terkena sakit perut.

Mencukupi Kebutuhan Cairan

Jika muncul tanda-tanda seperti misalnya; urine kita berwarna atau agak kekuningan, bibir kering, mulut kering dan sedikit buang air kecil. Segeralah minum air karena itu tanda-tanda yang muncul karena tubuh kita mulai kekurangan cairan.

Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan tidak mudah sakit ada baiknya kita mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh kita. Ada banyak bahaya yang timbul akibat kekurangan cairan terhadap otak dan organ lain yang ada di dalam tubuh manusia. Kekurangan cairan di dalam tubuh bisa menyebabkan aliran darah dan aliran oksigen di pembuluh darah menjadi terganggu, akibatnya adalah darah menjadi kental. Organ yang ada di dalam tubuh manusia terdiri dari air atau cairan sehingga jika organ kekurangan air fungsi organ itu pun terganggu.

Konsumsi Vitamin

Tubuh kita membutuhkan asupan vitamin sebagai cara untuk melindungi dan menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat dan bugar. Asupan vitamin yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah vitamin D dan vitamin C.

Jika perlu, konsumsilah supplemen. Bagi kita yang memiliki mobilitas sangat tinggi dan memiliki kesibukan yang tinggi tidak ada salahnya kita mengkonsumsi suplemen penambah tenaga untuk menjaga energi yang ada di dalam tubuh kita. Suplemen ini berguna untuk menjaga tubuh kita dari kelelahan. Jika kelelahan sistem imun akan menurun dan ketika menurun masuklah penyakit yang disebabkan oleh kuman dan virus di dalam tubuh kita. Tidak mengherankan orang yang jam kerjanya padat sering terkena flu, batuk dan juga sakit kepala. Hal itu dikarenakan dia kelelahan dan sistem imun sedang menurun.

Olahraga Secara Teratur

Berdasarkan penjelasan para ahli bahwa berjalan kaki mampu membakar sekitar 180 kalori per menitnya. Semisal ketika ingin pergi ke warung yang jaraknya dekat maka lakukan dengan jalan kaki saja, jangan naik motor, sehingga selain sehat juga mengirit biaya bensin. Selain itu, hindari duduk terlalu lama karena dapat membuat badan anda menjadi cepat lelah. Cara ini terbukti sangat efektif untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

 

Share