Cara Sedekah Subuh Di Rumah Dan Manfaatnya

cara sedekah subuh

Tidak bisa keluar rumah untuk membagikan infak? Jangan khawatir, Sobat hjkarpet. Berikut adalah solusi dan cara sedekah subuh di rumah yang sah menurut ajaran Islam!

Sedekah merupakan salah satu bentuk ibadah dan amalan yang bisa menambahkan pahala. Perbuatannya merupakan jalan menuju surga Allah Swt bagi setiap umat Islam. Tidak cuma itu, sedekah juga mengurangi beban hidup kaum yang lebih membutuhkan dari kita.

Ibadah sedekah bisa dilakukan kapan saja. Namun, menurut ulama-ulama besar, ada beberapa waktu yang disunahkan oleh Allah Swt dan Rasulullah Saw.

Salah satu waktu sedekah yang dimaksud ialah sebelum matahari terbit atau subuh. Biasanya, di waktu ini para kaum muslim pergi keluar untuk berbagi rezeki. Lantas, bagaimana jika kita tidak bisa keluar rumah untuk bersedekan, terutama di saat pandemi seperti sekarang?

Tenang, ada caranya, kok!

Keutamaan Sedekah Subuh

Sebelum mempelajari cara sedekah di rumah, mari kita ketahui dulu keuatamaannya.

Keutamaan bersedekah ada lima.

Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

1. Dua Malaikat akan Datang dan Mendoakan

cara sedekah subuh

Saat bersedekah di waktu subuh, dua malaikat akan datang dan mendoakan amalan kita. Hal ini tercantum pada HR Bukhari dan Muslim.

“Barangsiapa yang rela memberikan separuh rizkinya, maka Allah Swt. akan memberikan ia kehidupan yang semakin berkah”. Bagi mereka yang sombong dan enggan memberikan hartanya, maka rezekinya juga akan dipotong.

2. Doanya Dikabulkan

Keutamaan bersedekah di waktu subuh yang kedua adalah dikabulkannya doa kita. Doa yang dilanjut dengan sedekah memiliki kesempatan dikabulkan yang lebih besar. Kamu bisa meminta doa lancar rezeki, menyembuhkan penyakit, atau menyelesaikan sebuah masalah.

3. Menghapus Dosa-Dosa

Dengan melakukan sedekah di subuh hari, dosa-dosa kita bisa diampuni.

Ini juga akan memberikan kita ketenangan hati.

4. Dijauhkan dari Api Neraka

cara sedekah subuh

Inilah pentingnya belajar cara sedekah subuh di rumah, karena bisa menjauhkan kita dari siksa neraka.

HR. Bukhari dan Muslim menjelaskan, “Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimat thayyibah.”

Orang Islam yang bersedekah setelah salat subuh kelak akan dipanggil satu persatu untuk masuk ke surga tanpa ada halangan.

5. Membuahkan Berkah

Tidak usah takut mengeluarkan uang untuk bersedekah, Sobat Hjkarpet. Pasalnya, apa yang kita keluarkan nantinya akan menjadi berkah di masa depan. Allah Swt akan menggantikan harta kamu berlipat-lipat yang akan diberikan didunia maupun kelak di akhirat.

Meskipun begitu, pastikan hati kamu dalam keadaan ikhlas dan tulus saat bersedekah, ya. Jika harta yang dibagikan tidak kita ridho, maka pahala dan berkahnya tidak akan terhitung.

Cara Sedekah Subuh di Rumah

cara sedekah subuh

Dari pembahasan keutamaan bersedekah di atas, kita belajar bahwa sedekah subuh akan memberikan kita berkah dan ketenangan dalam hidup.

Bagaimana cara melakukannya?

Kamu bisa mengikuti langkah-langkah cara sedekah subuh di rumah berikut ini.

  • Menitipkan uang untuk mengisi kotak amal masjid seusai menjalani salat subuh. Niatkan sebelum memberikan uang kepada orang yang kita percaya. Sampaikan pada orang tersebut untuk melafalkan niat yang sama saat memasukkan uang ke dalam kotak amal.
  • Mengirim uang via transfer kepada orang tua, kakak, adik, kerabat, lembaga sosial, atau mereka yang membutuhkan.
  • Mengirim makanan atau sembako untuk tetangga terdekat sebelum matahari terbit. Kamu juga bisa mengirimkannya kepada panti asuhan atau lembaga lainnya melalui layanan ojek online.
  • Menitipkan sumbangan baju-baju yang sudah tidak terpakai, persis seusai salat subuh.

Semoga bermanfaat, ya!

Baca artikel menarik dan terbaru lainnya di Berita hjkarpet.com.

Sumber: 99.co/id

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.