Daun Sirih Segudang Manfaatnya

Daun sirih, pasti bagi anak muda zaman sekarang masih asing dengan daun yang satu ini. Daun sirih adalah tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Sebagai budaya, daun dan buahnya biasa dikunyah bersama gambir, pinang, tembakau dan kapur.

Namun mengunyah sirih telah dikaitkan dengan penyakit kanker mulut dan pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan, Juga kapurnya membuat pengerutan gusi (periodentitis) yang dapat membuat gigi tanggal, walaupun daun sirihnya yang mengandung antiseptik pencegah gigi berlubang.

daun sirih manfaatnya

Selain bermanfaat sebagai pencegah gigi berlubang, masih banyak manfaat daun sirih yang lainnya, yuk simak ulasan dibawah ini!

1. Daun Sirih Dapat Menurunkan Gula Darah Pada Penderita Diabetes Tipe 2

Peneliti melaporkan bahwa minum air rebusan daun sirih, atau daun sirih yang dikeringkan kemudian digerus menjadi bubuk, bisa membantu menurunkan kadar gula darah pada orang yang baru terdiagnosis diabetes tipe 2. Daun sirih juga melindungi kesehatan hati.

2. Daun Sirih Dapat Menjaga Saluran Pencernaan

Daun sirih hijau dan daun sirih merah diketahui dapat membantu meningkatkan produksi lendir yang melindungi kesehatan saluran cerna. Produksi lendir akan mencegah luka pada dinding usus dan lambung yang dapat terjadi karena berbagai hal.

3. Daun Sirih Dapat Meningkatkan Energi

Mengunyah daun sirih dan biji pinang khususnya diketahui dapat meningkatkan energi. Ini karena biji pinang mengandung berbagai zat aktif yang bekerja mirip dengan nikotin, alkohol, dan kafein untuk merangsang tubuh memproduksi hormon adrenalin. Peningkatan hormon adrenalin membuat Anda jadi lebih fikus dan waspada serta lebih berenergi.

4. Daun Sirih Dapat Menjadi Obat Batuk

Rebusan daun sirih merah dipercaya mampu meringankan batuk. Pasalnya, sirih merah mengandung vitamin B dan C serta alkaloid yang meredakan peradangan di tenggorokan penyebab batuk dan tenggorokan gatal.

5. Daun Sirih Bisa Menangkal Kanker

Antioksidan eugenol yang terkandung dalam rebusan dauh sirih hijau dan merah dapat membantu memerangi radikal bebas yang menjadi pemicu kanker pada penderita diabetes tipe 2.

6. Daun Sirih Bisa Menurunkan Kolestrol dan Tekanan Darah

Seperti yang telah disebutkan di atas, daun sirih mengandung tinggi antioksidan. Dalam tubuh, antioksidan eugenol yang bekerja melawan radikal bebas pemicu stres oksidatif penyebab berbagai penyakit kronis.

Salah satu manfaat daun sirih yang terkait hal ini adalah menurunkan kadar tigliserida dan kolesterol LDL, lemak jahat dalam tubuh. Daun sirih juga diketahui dapat membantu mengurangi jumlah lemak total dalam darah.

Kolesterol dan trigliserida tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, hipertensi, stroke, penyakit jantung koroner, dan gagal jantung. Sebagai gantinya, daun sirih merah dan daun sirih hijau bekerja meningkatkan kolesterol baik dalam darah yang menjaga kesehatan jantung.

Untuk membantu dengan tekanan darah tinggi, Anda bisa mencoba rebus 3-4 lebar daun sirih merah dan minum air rebusan daun sirih tersebut untuk dua kali sehari.

Meski banyak manfaat daun sirih, waspada juga risiko bahayanya

Manfaat daun sirih sangat berpotensi untuk menjaga kesehatan tubuh. Mesk begitu, para ahli kesehatan masyarakat dan laporan dari berbagai penelitian medis mulai menyuarakan kekhawatiran terkait berbagai risiko bahaya menyirih.

Terlalu sering menyirih ditemukan berisiko tinggi memicu kanker mulut dan kanker tenggorokan, ungkap rilis media resmi dari Badan Kesehatan Dunia. Pasalnya, campuran daun sirih, biji pinang, kapur, dan tembakau yang biasa dikunyah bersifat karsinogenik (memicu kanker). Kesimpulan ini diperoleh berdasarkan penelitian dari International Agency for Research on Cancer di Asia Selatan dan Asia Tenggara, yang penduduknya notabene masih sering menyirih.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.