Destinasi Wisata yang Sebaiknya Nggak Kamu Kunjungi di Liburan Akhir Tahun Ini!

Beranda > Artikel > Destinasi Wisata yang Sebaiknya Nggak Kamu Kunjungi di Liburan Akhir Tahun Ini!

Destinasi Wisata yang Sebaiknya Nggak Kamu Kunjungi di Liburan Akhir Tahun Ini!

Hasil gambar untuk pemandian ramai wisatawan

Tahun 2019 tinggal menghitung hari. Sebagian dari kamu pasti sudah merencanakan liburan di momen libur Natal dan Tahun Baru nanti. Ada yang mau berlibur ke Singapura, tak sedikit yang sudah beli tiket ke Bali. Kalau kamu sendiri pergi ke mana nih di akhir tahun? Atau nggak ke mana-mana karena duitnya nggak ada? Pukpuk deh kalau gitu.

Kamu boleh saja liburan di akhir tahun. Tapi nggak semua tempat ‘worth it’ buat diperjuangkan. Mungkin di hari biasa nggak masalah. Tapi kalau di akhir tahun, ya mikir-mikir lagi lah kalau harus ke sana. Ada banyak alasan sih, selain karena cuaca nggak bagus, destinasi ini juga ramai dikunjungi orang di akhir tahun. Kalau terlalu rame ‘kan nggak enak juga ya.

Yuk simak beberapa destinasi wisata yang sebaiknya tidak kamu kunjungi saat liburan akhir tahun!

1. Gua Pindul setiap liburan panjang dibanjiri oleh pengunjung. Bagaikan lautan cendol deh kalau kamu ikutan ke sana

Hasil gambar untuk gua pindul kaya cendol

Setiap liburan panjang, Gua Pindul di Gunungkidul selalu dibanjiri oleh wisatawan. Banyaknya wisatawan ini memenuhi aliran sungai bawah tanah di Pindul. Alhasil, Gua Pindul seolah dipenuhi cendol berwarna-warni karena pengunjung mengenakan pelampung yang berwarna-warni. Kalau kamu pengen liburan yang nyaman, mending jangan ke Pindul dulu deh.

2. Gunung Semeru termasuk Ranu Kumbolo sudah full booking di akhir tahun. Jadi ya kamu nggak bisa liburan ke sana!

Hasil gambar untuk ranu kumbolo

Berbeda dengan beberapa tahun lalu yang penuh dengan pendaki, kini Gunung Semeru bisa sedikit bernapas lega di akhir tahun ini. Pasalnya sistem booking online kini hanya membatasi 600 pendaki per hari untuk mendaki gunung tertinggi di Jawa tersebut. Kalau dulu bisa ribuan orang di akhir tahun, kini maksimal 600 saja. Kabar buruknya lagi, kuota di liburan Natal dan Tahun Baru 2019 sudah full booking. Cari gunung lain aja Gaes!

3. Kuta Beach di Bali tentu juga ramai oleh wisatawan domestik dan mancanegara. Nggak enak banget kalau penuh manusia di sana

Bali setiap hari dikunjungi oleh banyak wisatawan. Tapi di liburan akhir tahun juga pasti akan meningkat. Selain pantai yang penuh oleh turis, harga hotel pun jadi makin mahal. Mending ke kawasan lain deh kalau ke Bali. Kamu bisa ke Karangasem, atau ke Bali Utara.

4. Gunung Prau adalah gunung favorit pendaki lokal. Kalau libur panjang jangan ditanya deh, rame banget!

Gunung Prau memenuhi segala hal yang disukai pendaki, pemandangan indah, trek nggak berat, biaya untuk ke sana relatif murah. Maka tak heran, gunung yang berada di Kabupaten Wonosobo ini selalu dibanjiri pendaki tiap weekend dan long weekend, lebih-lebih akhir tahun. Pikir lagi deh kalau kamu mau ke sana. Bisa-bisa nggak kebagian tempat bikin tenda nanti.

5. Karimunjawa tidak aman dikunjungi di akhir tahun hingga awal tahun karena cuaca. Nggak sedikit lho yang terjebak di sana!

Hasil gambar untuk karimun jawa

Bisa dikatakan wisata ke Karimunjawa sangat tergantung dengan cuaca di lautan. Karimunjawa bisa didatangi asalkan cuaca baik dan cerah. Sayangnya di akhir tahun mulai akhir Desember sampai awal tahun (Januari-Maret) cuaca di Karimunjawa tidak bagus sehingga kapal pun tidak selalu beroperasi. Tidak sedikit cerita wisatawan yang tidak bisa pulang ke Jawa karena kapal tidak berani beroperasi karena ombak tinggi. Jadi kalau kamu mau ke sana di akhir tahun, harus siap dengan resiko tersebut ya. Nggak cuma Karimunjawa aja sih, wisata-wisata di laut memang tidak cocok dinikmati di akhir tahun dan awal tahun.

Share