Instagram Lagi-lagi Dituding Meniru Fitur Saingannya

instagram contek fitur saingannya Candid Challenges, kompetitor, tiktok

Instagram dikenal sebagai platform media sosial yang sering meniru / contek fitur kompetitor yang sedang naik daun. Kali ini, Instagram kembali ”mencontek’ fitur jagoan pesaing terbarunya: BeReal.
Fitur baru yang sedang diuji coba oleh Instagram bernama ‘IG Candid Challenges’. Fitur ini ditemukan oleh developer Alessandro Paluzzi yang mengunggah screnshot-nya di Twitter.

Screenshot yang dibagikan Paluzzi tersebut juga memperlihatkan deskripsi cara kerja fitur IG Candid Challenges. “Tambahkan IG Candid orang lain ke tray story kalian. Dan setiap hari di waktu yang berbeda, dapatkan notifikasi untuk mengambil dan membagikan Foto dalam 2 menit,” tulis deskripsi tersebut, seperti dikutip dari The Verge, Jumat (26/8/2022).

Baca Juga: Instagram Perketat Konten Sensitif untuk Pengguna di Bawah Umur

Dalam cuitan selanjutnya, Paluzzi juga memperlihatkan antarmuka kamera untuk mengambil foto IG Candid Challenge. Fitur ini memanfaatkan fitur Dual Camera yang memungkinkan pengguna mengambil foto menggunakan kamera belakang dan kamera depan secara bersamaan.

Dari deskripsi tersebut, cara kerja IG Candid Challenges benar-benar mirip seperti fitur utama BeReal. Bagi yang belum familiar, BeReal adalah aplikasi berbagi foto yang disebut sebagai anti-Instagram karena formatnya yang unik.

Setiap harinya, BeReal akan mengirimkan notifikasi kepada pengguna pada waktu yang tidak ditentukan dan pengguna memiliki waktu dua menit untuk mengunggah foto yang diambil menggunakan kamera depan dan kamera belakang.

Format ini mendorong pengguna untuk mengunggah konten yang apa adanya, dan berbagi foto yang memperlihatkan kehidupan mereka sehari-hari. Berbeda dengan konten Instagram yang kebanyakan dipoles untuk mengikuti estetika tertentu.

Meta, selaku induk Instagram, mengonfirmasi bahwa fitur ini sedang dalam tahap pengembangan. Tapi mereka tidak mengungkap kapan fitur ini akan tersedia untuk pengguna.

“Fitur ini adalah prototipe internal, dan tidak diuji coba secara eksternal,” kata juru bicara Meta Christine Pai.

Ini bukan pertama kalinya Instagram meniru fitur kompetitor yang sedang populer. Misalnya, Instagram Stories yang dicontek dari Snapchat dan Reels yang merupakan solusi mereka untuk bersaing dengan TikTok.

Tapi dengan fitur yang semakin banyak dan tidak berfokus pada foto lagi, banyak pengguna merasa Instagram seperti kehilangan identitasnya. Dalam beberapa bulan terakhir, pengguna mengeluhkan algoritma dan fitur baru Instagram, termasuk teriakan pengguna yang meminta Instagram untuk berhenti meniru TikTok.

sumber: detik.com

3 pemikiran pada “Instagram Lagi-lagi Dituding Meniru Fitur Saingannya”

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.