Jika Terkena Covid Saat Bepergian Apa Yang Harus di Lakukan?

Beranda > Artikel > Jika Terkena Covid Saat Bepergian Apa Yang Harus di Lakukan?

Jika Terkena Covid Saat Bepergian Apa Yang Harus di Lakukan?

Pandemi yang telah terjadi lebih dari setahun ini memaksa semua orang untuk membatasi mobilitas secara keseluruhan. Tidak seperti beberapa tahun sebelumnya, sekarang banyak tidak bisa leluasa bepergian ke luar kota atau perjalanan jarak jauh. Meski demikian, ada kalanya beberapa orang diharuskan untuk melakukan perjalanan jarak jauh karena kondisi tertentu. Selama di perjalanan, terkadang mereka tidak tahu apa yang disentuh atau siapa yang ditemui.

Lalu, apa yang harus dilakukan ketika ada seseorang terpapar Covid-19 saat bepergian?

Lakukan Isolasi Mandiri Ketika Dinyatakan Positif

Jika hasil tes positif, seseorang dapat mengetahui kapan ia tertular virus berdasarkan waktu tes sebelumnya dan aktivitas terakhirnya.

Reschedule Perjalanan Pulang

Apabila seseorang dinyatakan positif ketika ia masih melakukan perjalanan, jadwalkan ulang untuk perjalanan pulang sampai isolasi mandiri selesai. Perkirakan waktu yang tepat, misalnya hari kedua setelah isolasi. Hubungi kantor dan maskapai atau biro perjalanan untuk menangani kondisi ini. Selain itu, beritahu juga keluarga dan rekan kerja apabila sedang melakukan isolasi mandiri agar semua pekerjaan bisa dikerjakan secara jarak jauh.

Cari Tempat Isolasi Mandiri Yang Sesuai

Apabila seseorang yang terinfeksi Covid-19 tidak mengalami gejala apa pun atau hanya mengalami gejala ringan, ia diwajibkan untuk isolasi mandiri. Ia bisa menghubungi fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan akses ruang isolasi. Namun, apabila hal ini tidak memungkinkan, usahakan untuk mencari hotel atau penginapan yang bisa digunakan untuk isolasi mandiri. Saat ini sudah banyak hotel yang memberikan fasilitas ini. Dalam mencari tempat isolasi yang tepat, harus diperhatikan tentang kemudahan dalam mengakses kebutuhan, seperti makan, binatu, obat-obatan, dan kebutuhan pribadi lainnya.

Siapkan Jadwal Test Setelah Masa Isolasi Mandiri Selesai

Setelah masa isolasi selesai, jadwalkan segera tes Covid-19 kedua. Langkah ini dilakukan untuk memastikan bahwa seseorang benar-benar sudah tidak terinfeksi Covid-19. Jika hasilnya masih positif, konsultasikan dengan dokter dan tambahkan beberapa hari masa isolasi.

Share