Keunggulan Menggunakan Karpet Nilon

keunggulan / keuntungan menggunakan karpet nilon

Ada banyak keunggulan dari menggunakan karpet nilon yang bisa kita rasakan dibandingkan karpet dari bahan lainnya. Beberapa orang memang agak skeptis dengan karpet jenis ini, sebab dianggap karpet terbuat dari plastik, tidak asli, tidak lembut, dan berbagai macam alasan lainnya.

Padahal, karpet nylon yang dijual sekarang tidak berbeda jauh dengan bahan karpet lainnya, baik dari segi tampilan, tekstur, hingga harga. Bahkan bila dihitung dengan perawatan, harga karpet nylon jauh lebih murah.

Karakteristik Bahan Karpet Nilon

Ketika pertama kali mendengar kata «nilon», yang pertama kali muncul dalam pikiran kita pasti plastik bening dan keras untuk membuat benang layangan, senar gitar, atau mainan. Proses pembuatan senar gitar dan layangan memang sama dengan nilon untuk karpet.

Tapi pada proses pembuatan karpet, filament akan dibentuk menjadi nilon fiber alias serat nilon. Artinya tiap benang nilon dibentuk setipis serat seperti benang pada karpet. Tapi, nilon fiber ini punya kekuatan sampai 10x lebih kuat dibandingkan serat benang dari bahan lain.

Keunggulan Menggunakan Karpet Nilon

Bila Anda masih bingung harus pilih karpet nylon atau karpet lain, berikut ini kami akan jelaskan 5 keuntungan menggunakan karpet nylon di rumah.

Pilihan Lebih Bervariasi

Alasan utama kenapa pilih karpet nylon dibandingkan bahan lainnya adalah karena variasi pilihan yang bisa kita dapatkan sangat beragam.Sehingga apapun tema dan desain interior di rumah, apartemen, kantor, hingga sekolah, semuanya bisa dicocokan dengan desain dan warna yang tersedia untuk karpet jenis ini. Fleksibilitas karpet nilon hadir karena bahan pembuatnya bisa dimodifikasi sesuka hati.

Mudah Dibersihkan

Kebanyakan laki-laki mungkin tidak peduli karpet jenis apa yang mereka beli. Tapi sebagai ibu rumah tangga yang setiap hari membereskan rumah, bahan dan tekstur justru jadi faktor paling penting ketika memilih karpet. Apalagi jika Anda masih punya anak kecil yang sering menumpahkan makanan atau minuman ke karpet.

Untungnya, karpet nilon sangat mudah untuk dibersihkan. Sebab, serat di permukaan karpet ini lebih renggang, tidak menyerap air dan kotoran, dan teksturnya lebih kasar.Sehingga dibersihkan tanpa mesin vacuum cleaner pun bisa kinclong seperti baru.

Cocok Ditempatkan Dimana Saja

Seperti yang sudah disebutkan tadi, karpet nylon cocok ditempatkan di mana saja. Karena bahannya bisa dibersihkan dengan mudah, karpet ini cocok untuk melapisi lantai kelas atau kantor yang diinjak sepatu setiap hari. Selain itu, karpet nilon juga bisa menyerap suara, sehingga cocok untuk kalian yang tinggal di apartemen dan tidak mau mengganggu penghuni lantai di bawah kamar.

Tidak Mudah Rusak

Tadi juga sudah dijelaskan singkat bahwa kekuatan serat nilon 10 kali lebih kuat dibanding serat dan benang dari bahan lainnya. Bahkan dalam industri karpet, nilon adalah bahan paling kuat, mengalahkan polypropylene, sutra, tenun, dan serat lainnya.

Hal ini dikarenakan nilon adalah bahan plastik, yang mana sangat sulit terurai oleh bakteri, jamur, atau air. Sedangkan serat tenun dan sutra bisa menjadi lapuk bila sering terendam air. Bahan nilon yang tidak mudah rusak membuat kita bisa menggunakan karpet ini selama bertahun-tahun.

Harganya Lebih Murah

Dilihat dari bagaimana karpet ini tahan bertahun-tahun, tidak membutuhkan vacuum cleaner untuk dibersihkan, dan pilihan modelnya bervariasi membuat total biaya untuk membeli karpet nilon lebih murah daripada karpet jenis lain.

Bila ingin punya karpet nylon yang sesuai dengan warna dinding, kita tidak perlu memesan secara custom dan membayar lebih mahal. Begitu juga jika kita ingin karpet nylon dengan wajah karakter kartun, desain yang ekspresif, grafis, atau karpet dengan tema tertentu.

Apakah Karpet Polypropylene Sama Dengan Karpet Nilon?

Satu lagi pemikiran di masyarakat yang sering keliru adalah karpet nylon sama dengan karpet polypropylene. Baik karpet nilon maupun polypropylene memang sama-sama dibuat dari serat sintetis. Karakter serat polypropylene ini lebih keras dan tidak sefleksibel nilon. Akibatnya ketika digulung, kita bisa melihat tanda lipatan di bagian-bagian tertentu pada permukaan karpet.

Sedangkan pada  nilon, seratnya yang fleksibel membuat kita bisa menggulung, melipat, atau menempatkan karpet ini dalam posisi apapun tanpa takut merusak permukaannya.

Jadi sekarang Anda sudah tahu apa saja keunggulan dan keuntungan karpet nylon dibandingkan bahan lainnya. Untuk Anda yang ingin mencari karpet nylon untuk penghias interior di rumah, apartemen, atau kantor, hjkarpet.com punya katalog karpet nilon lengkap dalam berbagai pilihan warna, model, dan tentunya harga terjangkau.