Keuntungan Menanam Tanaman Hidroponik

Beranda > Artikel > Keuntungan Menanam Tanaman Hidroponik

Keuntungan Menanam Tanaman Hidroponik

Keuntungan Menanam Tanaman Hidroponik

Hidroponik merupakan budidaya tanaman dengan meminimalisasikan tanah hanya menggunakan pecahan genting atau batu bata dengan memanfaatkan air. Tanaman hidroponik merupakan salah satu contoh kemajuan dan industri yang telah dicapai di dunia. keuntungan tanamannya lebih subur, cepat menghasilkan, praktis, dan hemat waktu maupun biaya.

Sistem hidroponik juga merupakan suatu sistem yang murah, mudah dan bersih sehingga mampu diaplikasikan dimanapun, oleh siapapun dan kapanpun.

Keuntungan lainnya menanam tanaman hidroponik untuk ekonomi adalah :

  1. penanamannya mudah asal apa yang dibutuhkan tanaman terpenuhi
  2. hanya memanfaatkan air dan minim menggunakan tanah
  3. Menyediakan lingkungan yang steril untuk produksi tanaman. Teknik bercocok tanam secara hidroponik tidak memerlukan pestisida, pupuk, dan bahan kimia lainnya sehingga tidak ada kemungkinan kerusakan akibat penyakit dan hama yang ditularkan melalui tanah.
  4. pertumbuhannya lebih cepat.
  5. tidak di haruskan mempunyai lahan besar
  6. biaya relatif murah
  7. Sistem Hidroponik juga bisa jadi media edukasi bagi anak-anak terhadap pentingnya pertanian untuk hidup sehat selaras dengan alam.
  8. Melalui sistem hidroponik, tanaman bisa tumbuh dengan jumlah air dan nutrisi yang tepat, Bahkan, efisiensi pemakaian air dalam hidroponik mencapai 10% dari air yang diperlukan tanaman untuk tumbuh di tanah.
  9. Sistem hidroponik tidak menghasilkan limbah yang berbahaya untuk lingkungan.

tulah sejumlah keuntungan menanam sayur secara hidroponik, semoga artikel ini bisa memotivasi kita untuk bisa mengasilkan sayuran sehat dan higienis dari rumah.

Lihat di sini berbagai perlengkapan berkebun kami.

Share