Makanan Yang Baik Dikonsumsi Setelah Vaksin

Sampai saat ini, distribusi vaksin terus dilakukan untuk membangun kekebalan komunal atau yang disebut sebagai herd immunity. Vaksinasi yang dilakukan sering kali menimbulkan efek samping ringan, seperti bekas suntikan yang sakit, lengan yang pegal, atau demam. Namun, ternyata ada beberapa makanan yang ternyata dapat mengurangi efek samping tersebut dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Orang yang habis divaksin untuk mengonsumsi makanan bergizi tinggi dan mengonsumsi vitamin C. Vitamin C memang terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, mengonsumsi makanan utuh, seperti buah-buahan dan sayuran, akan membantu sistem kekebalan tbuh untuk bekerja secara baik.

Adapun beberapa makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi adalah junk food,  Daripada mengonsumsi makanan olahan, lebih baik mengonsumsi makanan utuh seperti kacang-kacangan, ikan, buah dan sayuran.

Beberapa rempah yang memiliki sifat antiinflamasi juga disarankan untuk dikonsumsi, salah satunya kunyit. Kunyit adalah rempah-rempah dengan sifat anti-inflamasi dan bisa ditaburkan pada makanan. Berbagai jenis ikan, seperti salmon, mackerel, sarden, teri, dan herring juga memiliki kandungan omega-3 tinggi yang merupakan antiinflamasi.

Seseorang yang akan menerima vaksin sebaiknya tidak mengonsumsi alkohol sehari sebelum dan sesudah divaksin. Sebab, alkohol menekan sistem kekebalan tubuh dan dapat membuat dehidrasi. Itulah beberapa makanan yang baik dikonsumsi sebelum dan sesudah vaksinasi.