Mengatasi Cidera Leher Akibat Salah Bantal

Rasa sakit dan kaku yang dirasakan pada leher bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya Sakit Leher. Kondisi ini membuat leher kaku, sehingga susah digerakkan. Beraktivitas pun menjadi tak nyaman dengan kondisi seperti ini.

Biasanya, menggunakan bantal dalam posisi yang terlalu tinggi adalah penyebab sakit leher yang paling banyak ditemui. Masalah kesehatan ini juga bisa terjadi karena posisi yang kurang nyaman ketika kamu mengendarai mobil atau leher terlalu maju dalam waktu yang cukup lama ketika kamu bekerja di depan komputer.

sakit leher yang biasa di sebut dengan salah bantal

Mengatasi Cidera Leher

  • ┬áKompres dingin atau terapi panas

Kompres dingin atau panas bisa menjadi salah satu obat sakit leher alami yang bisa dijajal, Cara menghilangkan sakit leher dengan kompres dingin bisa dengan menempelkan es batu yang dibungkus handuk ke bagian leher yang sakit.

Rasa sakit dan ketegangan di leher bisa berkurang setelah dipapari suhu dingin selama 10-20 menit.

Selain suhu dingin, terapi panas dengan mandi air hangat atau menggunakan bantal pemanas juga bisa membantu mengurangi sakit leher.

Terapi panas dapat mengatasi sakit leher akibat salah tidur dengan mengendurkan otot-otot leher yang tegang.

  • ┬áMinum obat pereda rasa sakit

Apabila sakit leher terasa tak tertahankan sampai membatasi gerakan tubuh, saatnya minum obat pereda rasa sakit. Beberapa opsi obat penghilang rasa sakit antara lain ibuprofen, naproxen, atau acetaminophen.

  • Lakukan peregangan atau pijat dengan lembut Lihat Foto

Tujuannya untuk meningkatkan kelenturan otot tanpa memicu rasa sakit berlebihan. Selain itu, orang yang merasakan sakit leher akibat salah posisi tidur juga bisa memijat lembut area yang tidak nyaman. Sebelum memijat seputar area leher, pastikan bagian tubuh yang akan dipijat sudah tidak terasa sakit dan pijatan tidak menambah rasa sakit.

  • Istirahatkan leher

Jika sakit leher akibat salah posisi tidur atau salah bantal terasa sangat sakit atau panas, ada baiknya penderita mengistirahatkan leher untuk sementara waktu. Hindari segala bentuk gerakan yang bisa meningkatkan rasa nyeri leher dan untuk sementara jangan mengerjakan aktivitas berat. Tetap lakukan gerakan ringan seperti jalan kaki atau bergerak yang tidak membebani otot leher. Terlalu banyak tiduran bisa membuat otot leher semakin kaku dan rasa sakit justru tak kunjung sembuh.

 

Apabila berbagai cara mengatasi sakit leher akibat bangun tidur di atas sudah dicoba tapi nyeri tak kunjung sembuh, konsultasikan ke dokter. Terkadang perawatan ala rumahan di atas baru mempan dalam hitungan hari atau baru sembuh setelah seminggu.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.