Menjaga Kesehatan Anak Di Masa Pandemi

Dengan adanya pembatasan sosial yang semakin ketat dijalankan di berbagai daerah, tentu sangat berpengaruhh pada kesejahteraan anak. kurangnya aktivitas di luar ruangan pada akhirnya bisa mempengaruhi kesehatan dan status gizi anak-anak.

Meskipun kegiatan sekolah anakmasih berlangsung dari rumah, anak-anak membutuhkan energi yang cukup untuk menggerakkan tubuh dan pikiran.

Tips Menjaga Kesehatan Anak

Pencernaan sehat bukan hanya berpengaruh terhadap kemampuan tubuh menyerap nutrisi, tetapi juga mempengaruhi pertumbuhan otak. otak membutuhkan energi untuk bekerja maksimal. Saluran cerna tidak hanya untuk menyerap zat gizi, tetapi juga berkomunikasi dua arah dengan otak. Hal inilah yang disebut gut-brain axis, kerjanya juga tidak sesederhana otak membutuhkan nutrisi yang diserap dari sistem pencernaan.

Namun, memiliki kaitan yang kompleks karena melibatkan tiga sistem utama tubuh yaitu sistem saraf, sistem imun, dan sistem hormon. Karena itu, ia menyarankan agar orangtua memberi buah hatinya nutrisi harian berupa nutrisi makro (karbohidrat, protein, dan lemak) dan nutrisi mikro (vitamin dan mineral) untuk membangun sistem imunnya.

Probiotik adalah bakteri baik yang hidup di saluran pencernaan, sedangkan prebiotik adalah sejenis serat pangan yang menjadi sumber makanan probiotik, agar bisa tumbuh, berkembang dan bekerja dengan efisien.

Probiotik juga dipercaya membantu meringankan sembelit akut, kolik, dan refluks asam pada bayi dan anak-anak. Nutrisi ini juga membantu mencegah infeksi sekunder dan diare pada anak-anak yang menggunakan antibiotik. Probiotik bahkan dapat membantu mencegah eksim dan alergi pada beberapa anak.

Meski banyak manfaatnya, jangan sembarangan memberikan probiotik pada anak. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memberikannya kepada buah hati.