Pentingnya Mengatur Waktu

Aktivitas manusia bermacam-macam setiap harinya, namun waktu dalam satu hari adalah absolut. Satu hari terdiri dari 24 jam, tidak peduli seberapa sibuknya seseorang. Sehingga penting untuk mengatur waktu agar bisa menyelesaikan semua tugas dengan baik dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Mengatur waktu disebut juga dengan management waktu. Managemen waktu adalah proses pengambilan keputusan yang menyusun, melindungi, dan menyesuaikan waktu dengan perubahan kondisi lingkungan.

Sulit Membagi Waktu Belajar? Coba 4 Cara Ini - Citizen6 Liputan6.com

Berikut adalah contoh alasan pentingnya mengatur waktu dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Mengurangi stress Dikutip dari The Stress Management Society, manajemen waktu membantu seseorang mengurangi stress jangka panjang dengan memberikan arahan ketika seseorang memiliki terlalu banyak pekerjaan. Manajemen waktu yang buruk menyebabkan pekerjaan jadi menumpuk, menimbulkan kekhawatiran dan ketakutan tidak selesainya suatu pekerjaan. Hal tersebut dapat menyebabkan stress jangka panjang maupun angka pendek.
  2. Lebih fokus Mengatur waktu sangat penting ketika seseorang memiliki banyak tugas. Pengaturan waktu mengatur tugas mana dahulu yang harus dikerjakan, sehingga seseorang bisa lebih fokus terhadap satu pekerjaan dibanding mengerjakan semuanya dalam waktu yang sama. Manajemen waktu yang buruk dapat mengakibatkan stress juga kecemasan. Berdasarkan situs dari Healthline, kecemasan meningkatkan risiko mata kering yang dapat menyebabkan pengelihatan kabur. Pengelihatan kabur, membuat seseirang tidak fokus terhadap apa yang dikerjakan.
  3. Meningkatkan produktivitas Pengaturan waktu yang baik dapat meningkatkan produktivitas dalam tugas atau pekerjaan. Hal tersebut karena pengaturan waktu memberi daftar tugas yang harus dikerjakan beserta waktu pengerjaannya berdasarkan prioritas tugas yang harus dikerjakan.
  4. Mengurangi sifat menunda-nunda pekerjaan Jadwal yang jelas membuat seseorang terhindar dari menunda-nunda pekerjaan. Dibandingkan hanya bermain ponsel atau bermalas-malasan, mengatur waktu membuat seseorang lebih semangat untuk mengerjakan tugas. Sehingga waktu yang dimiliki dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menghasilkan pekerjaan yang lebih banyak dan juga berkualitas.

Nah itu dia beberapa manfaat pentingnya mengatur waktu, yuk simak baik-baik dan jangan lupa untuk terus membaca artikel kami dan klik and sharenya, hanya di Hjkarpet

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.