Penyebab Diare Di Pagi Hari

Beranda > Artikel > Penyebab Diare Di Pagi Hari

Penyebab Diare Di Pagi Hari

Penyebab Diare Di Pagi Hari

Penyebab diare di pagi hari bisa berupa banyak hal. Diare di pagi hari adalah kondisi ketika seseorang buang air besar (BAB) yang encer atau berair di pagi hari. Kebutuhan untuk pergi ke kamar mandi dapat membangunkan seseorang dengan diare di pagi hari.

Diare pada pagi hari yang terjadi hanya sesekali mungkin merupakan tanda penyakit sementara atau akibat dari pilihan gaya hidup.

Penyebab Diare Di Pagi Hari

Merokok

Diare di pagi hari dapat terjadi jika seseorang merokok sebelum tidur atau menjadikan aktivitas tersebut sebagi hal pertama yang dilakukan pada pagi hari.

Minum Terlalu Banyak Alkohol

Alkohol juga dapat menyebabkan mencret. Penyebab diare di pagi hari mungkin kerana seseorang terlalu banyak minum alkohol pada malam sebelumnya.

Ngemil tengan Malam

Diare pagi mungkin saja disebabkan oleh bangun di malam hari untuk makan atau ngemil sebelum tidur. Diare lebih mungkin terjadi jika seseorang makan makanan yang umum bisa menjadi penyebab diare.

Minum Terlalu Banyak Kopi

Kafein dilaporkan dapat meningkatkan pergerakan usus. Terlalu banyak mengonsumsi minuman yang mengandung zat ini pun pada akhirnya dianggap dapat menjadi penyebab diare di pagi hari.

Makan Sarapan Dengan Porsi Besar

Sarapan besar segera setelah bangun tidur dapat merangsang usus secara berlebihan. Hal ini pada gilirannya bisa menjadi penyebab diare di pagi hari.

Efek Samping Minum Obat

Obat-obatan seperti antibiotik diketahui dapat memiliki efek samping dapat menjadi penyebab diare di pagi hari.

Keracunan Makanan

Diare pagi bisa jadi disebabkan oleh makan makanan yang telah melewati masa simpannya atau telah terkontaminasi oleh bakteri.

Infeksi Virus

Sama seperti infeksi virus, infeksi bakteri juga dapat menyebabkan diare di pagi hari.

Kehamilan

Diare pagi mungkin merupakan respons terhadap perubahan kadar hormon yang disebabkan oleh kehamilan. Perubahan hormon juga dapat menyebabkan mual di pagi hari.

Dehidrasi

Dehidrasi memengaruhi keseimbangan elektrolit. Sementara ketidakseimbangan elektrolit ini dapat merangsang usus dan menyebabkan diare.

 

Share