Perbedaan Karpet Permadani dan Karpet

perbedaan karpet permadani dan karpet ruangan rumah

Siapa yang tak tahu karpet permadani? Benda yang satu ini memang sangat banyak manfaatnya, mulai dari membuat ruangan menjadi lebih berwarna, menjadi alas furniture,  serta sebagai peredam kebisingan dari langkah kaki dan menyamankan telapak kaki saat berjalan diatas lantai.
Tapi tahukah Anda? Banyak orang sering salah mengartikan karpet permadani dan karpet. Banyak orang menganggap keduanya adalah benda yang sama. Padahal sangarlah berbeda loh. Apa saja perbedaannya? Yuk simak informasinya di bawah ini.

Apa itu karpet permadani?

Adalah kain tekstil yang dihamparkan di atas lantai dan digunakan sebagai alas lantai untuk memperindah suatu ruangan. Lembutnya permukaan karpet ini mampu memberikan kenyamanan pada penggunanya saat bersentuhan dengan telapak kaki ataupun diduduki. Biasanya terbuat dari serat sintetis polypropylene, nilon, atau wol yang lembut dan bisa menghangatkan kaki Anda sekaligus memperindah ruangan.

Apa itu karpet?

Karpet adalah kain yang digunakan untuk menutupi seluruh permukaan lantai, berbeda dengan karpet permadani yang hanya menutupi sebagian area lantai.

Bukan hanya itu, masih ada beberapa perbedaan antara karpet dengan karpet permadani.

1. Berbeda cara pemasangan dan perawatan
Cara pemasangan dan perawatan karpet pun berbeda. Karpet biasanya melekat di lantai dan harus dipasang oleh ahlinya sehingga karpet cenderung sulit dicuci. Sementara itu, permadani mudah dibongkar-pasang dan dicuci karena tidak melekat di lantai.

 
2. Berbeda ukuran
Sementara itu, ukuran permadani lebih fleksibel sehingga dapat digunakan untuk menghiasi ruangan kecil sekalipun. Sebaliknya, ukuran karpet biasanya sangatlah besar mengingat karpet digunakan untuk menutupi seluruh permukaan lantai.

3. Berbeda Motif
Jika dahulu baik karpet maupun permadani hanya memiliki motif klasik, kali ini karpet permadani tampil lebih modern karena memiliki motif yang beragam. Ada karpet permadani dengan motif hexagonal, minimalis, monokrom, tribal, dan lain-lain.

Itulah beberapa perbedaan permadani dan karpet. Secara umum, permadani memang lebih sering digunakan mengingat ukurannya yang lebih beragam. Anda bisa memilih permadani mana pun yang diinginkan. Namun, jangan lupa mengecek bahan, ukuran, dan menyesuaikannya dengan interior ruangan, ya!

Hjkarpet.com menyediakan berbagai pilihan Karpet dengan motif, warna dan ukuran yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan di rumah Anda. Tidak hanya itu saja, jika Anda sedang mencari berbagai macam kebutuhan rumah lainnya seperti playmat, sajadah, selimut, karpet custom, furniture costom dan karpet kantor, Hjkarpet.com juga menyediakan berbagai pilihan dengan kualitas yang tak perlu diragukan lagi.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.