class="post-template-default single single-post postid-30108 single-format-standard wp-custom-logo wp-embed-responsive right-sidebar nav-below-header separate-containers nav-search-enabled header-aligned-center dropdown-hover wpb-js-composer js-comp-ver-6.7.0 vc_responsive elementor-default elementor-kit-26667" itemtype="https://schema.org/Blog" itemscope>

Plus Minus Penggunaan Karpet Pada Anak Tangga

Plus Minus Penggunaan Karpet Pada Anak Tangga

Hjkarpet.com – Ketika membeli karpet untuk rumah, Anda mungkin akan ditawari karpet untuk melapisi anak tangga oleh pramuniaga / sales toko. Tampilan karpet yang yang atraktif dan permukaan karpet yang halus dipijak memang membuat hunian Anda terasa lebih nyaman.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum melapisi tangga dengan karpet. Apalagi memasang karpet di anak tangga sedikit lebih sulit ketimbang di lantai datar. Anda pun harus memastikan lapisan karpet merekat erat pada lantai. Ini karena risiko kecelakaan akibat tergelincir cukup besar apabila salah menempelkan karpet.

Untuk itu simak beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa membantu Anda mengambil keputusan ketika memasang karpet di anak tangga berikut ini.
  • Jika tangga Anda terbuat dari bahan kayu yang bagus dan kokoh, maka memasang karpet malah bisa merusak permukaan kayu. Hal ini karena Anda harus memaku setiap sudut anak tangga untuk memastikan karpet terpasang kuat. Akibatnya, kayu Anda akan berlubang dan merusak strukturnya.
  • Meskipun ada beberapa karpet yang memiliki permukaan kasar, namun anak tangga yang dilapisi karpet justru berpotensi membuat penghuni rumah terjatuh. Alasannya karena bagian ujung tangga yang tajam justru menjadi tumpul karena tertutup oleh karpet. Dengan demikian telapak kaki kesulitan membedakan bagian ujung anak tangga. Namun, jatuh dari anak tangga yang dipasang karpet memang terasa lebih lembut ketimbang yang tidak terlapis.
  • Tangga yang dilapisi karpet tentu membutuhkan perawatan yang lebih besar. Mulai dari pembersihan, Anda harus menggunakan penyedot debu yang dipegang tangan dan membersihkan hingga ke setiap sudut sempitnya.
Plus Minus Penggunaan Karpet Pada Anak Tangga
Selain beberapa kekurangan di atas, memasang karpet di anak tangga juga memberi beberapa manfaat tersendiri. Misalnya:
  • Jika Anda terganggu dengan suara derap kaki ketika naik turun tangga, maka lapisan karpet bisa memberi manfaat yang signifikan. Penggunaan karpet untuk meredam suara telah banyak diaplikasikan untuk rumah yang bising atau memiliki banyak jumlah anggota keluarga.
  • Melapisi anak tangga dengan karpet tidak sesulit yang dibayangkan. Anda bisa menggunakan teknik ‘air terjun, yaitu dengan menjuntai kain karpet dari atas ke ujung anak tangga. Kemudian, Anda bisa mulai memaku atau mengelem bagian bawah karpet agar merekat kuat. Namun tidak semua jenis karpet bisa dipasang menggunakan metode ini.
  • Memasang karpet pada anak tangga tidak memerlukan waktu cukup lama. Untuk mereka yang sudah ahli, setidaknya hanya butuh dua menit untuk satu anak tangga.
  • Anda perlu memasang karpet jika di rumah Anda terbilang cukup bising. Misalnya dekat dari jalan raya, jalan yang ramai, atau jika banyak anak-anak yang tinggal. Sementara itu, pilihan motif karpet yang cantik bisa membuat tangga Anda tampil berbeda dan menyegarkan interior rumah.