Tanaman Pengusir Tikus Yang Mudah Ditanam Di Rumah. Dijamin Langsung Kabur & Tidak Kembali!

tanaman pengusir tikus

Ada banyak tikus di rumahmu? Jangan khawatir, tanam saja 7 tanaman pengusir tikus ini yang bisa bikin tikus langsung kabur dan mencegah tikus masuk rumah. Tikus adalah hama yang sering kamu temukan di banyak rumah dan keberadaannya mengganggu para pemilik rumah. Selain bisa merusak barang-barang dan mengotori rumah, tikus juga bisa menjadi agen penyebar penyakit.

Tikus dapat menyebarkan penyakit pes, leptospirosis, serta penyakit berbahaya lainnya, sehingga sebaiknya kita mencegah tikus masuk ke rumah. Salah satu alternatif yang dapat kamu gunakan untuk mengusir tikus adalah dengan menanam berbagai tanaman yang mengeluarkan bau menyengat sehingga tikus tidak menyukainya.

Yuk, cari tahu tanaman apa saja yang dapat mengusir tikus di bawah ini!

Tanaman Pengusir Tikus yang Bisa Ditanam di Rumah

1. Daun Min
daun min tanaman pengusir tikus

Tanaman min merupakan salah satu tanaman pengusir tikus dan nyamuk yang bisa kamu tanaman di halaman rumah. Aroma dari daun min terkenal dapat mencegah tikus dan serangga lainnya mendekati dan memasuki hunianmu.

Menanam tanaman yang tidak tikus sukai ini juga sangat mudah karena daun min akan tumbuh subur jika terkena banyak sinar matahari.

2. Buah Bintaro
buah bintaro tanaman pengusir tikus

Tumbuhan pengusir tikus selanjutnya yang bisa kamu tanam di rumah adalah tanaman bintaro.

Tanaman bintaro merupakan tanaman pantai yang mampu tumbuh mencapai ketinggian 12 meter. Daun bintaro memiliki bentuk seperti telur yang berwarna hijau dengan bunga mencapai ukuran 3-5 cm.

Aromanya yang menyengat dan kandungan racun pada buahnya membuat tikus kerap menghindar dan takut mendekati pohon bintaro.

Namun, perlu kamu pahami bahwa tanaman yang satu ini juga beracun bagi manusia, sehingga jangan sampai termakan, ya!

3. Mengkudu
mengkudu tanaman pengusir tikus

Tanaman pengusir tikus berikutnya adalah tanaman mengkudu yang kaya akan manfaat. Selain kaya manfaat, tanaman mengkudu juga ternyata mampu membuat tikus kabur dari rumah, lo!

Pasalnya tikus tidak menyukai bau yang dikeluarkan oleh bau mengkudu, sehingga mereka akan menjauhi tanaman ini.

4. Durian, Nangka, dan Salak
nangka,durian,salak tanaman pengusir tikus

Berbagai tanaman dengan buah yang berduri tajam, seperti durian, nangka, dan salak ternyata tidak disukai oleh tikus, lo!

Tanaman pengusir tikus sawah dan curut ini dapat kamu gunakan untuk mengatasi tikus masuk ke rumahmu. Caranya adalah dengan meletakkan buahnya yang tajam ini di area yang sering dilalui oleh tikus agar tikus segera kabur dari tempat ini.

5. Sirsak
sirsak tanaman pengusir tikus

Tanaman yang tidak disukai tikus berikutnya adalah tanaman sirsak yang sering kamu temukan di Indonesia. Daun sirsak mengeluarkan bau dan aroma menyengat yang sangat dibenci oleh para tikus.

Kamu dapat menyobek beberapa daun sirsak dan menyebarkan daun tersebut ke tempat-tempat yang biasanya disinggahi oleh tikus.

Baunya yang menyengat membuat tikus tidak berani untuk melewati tempat tersebut dan akan segera pergi dari rumahmu.

6. Cabe Rawit
cabe rawit tanaman pengusir tikus

Cabe rawit merupakan tanaman pengusir tikus curut yang ampuh mengusir tikus dari rumahmu. Rasa pedas dan aroma menusuk dari cabe rawit membuat tikus pergi menyingkir dari persembunyian mereka.

Kamu dapat menghancurkan cabe dan melarutkannya ke dalam air, kemudian semprotkan larutan tersebut ke tempat yang menjadi jalur tikus beraktivitas agar ia tak lagi masuk ke rumahmu.

7. Bawang Putih dan Merah
bawang merah dan putih tanaman pengusir tikus

Bau yang keluar dari bawang putih dan merah ternyata bisa mengusir tikus, lo! Tanam bawang putih atau merah di halaman rumahmu dan tikus akan langsung kabur dari area tersebut. Selain dapat mengusir tikus, tanaman ini juga bisa kamu panen untuk bumbu dapur.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu, sobat hjkarpet

Simak juga artikel menarik lainnya hanya di artikel hjkarpet.com

Sumber: 99.co/id