TikTok Bakal Punya Feed Khusus Konten Lokal

TikTok Bakal menambah Feed Khusus Konten Lokal

TikTok dikabarkan akan menambah feed tambahan selain ‘Following’ dan ‘For You’. Feed tambahan ini akan khusus menampilkan konten lokal yang dekat dengan pengguna secara lokasi.
Hal ini dilaporkan oleh TechCrunch dari penuturan seorang juru bicara TikTok. Juru Bicara tersebut mengatakan bahwa fitur ini sedang diuji terbatas di beberapa pengguna di Asia Tenggara. Feed khusus ini nantinya bernama ‘Nearby’, dan bersanding dengan tab Following dan For You.

Kami selalu memikirkan cara baru untuk memberikan nilai bagi komunitas kami dan memperkaya pengalaman TikTok,

– Juru bicara TikTok –

Feed Nearby pertama kali dilaporkan oleh Matt Navarra, di akun Twitternya. Ini sekilas mirip dengan Snap Map milik Snapchat. Bulan lalu Instagram juga merilis fitur pencarian gambar peta yang membantu pengguna menemukan tempat-tempat populer di Instagram.

Fitur ini dirilis beriringan dengan fitur tag lokasi untuk video, yang dirilis secara bertahap kepada kreator. Belum diketahui apakah feed Nearby akan menampilkan video berdasarkan tag lokasi, atau yang lainnya semisal pengaturan lokasi aktif.Feed Nearby menawarkan pengalaman yang sama dengan FYP, dengan kategori khusus. Tampaknya, Nearby juga akan menampilkan konten-konten yang menarik kepada pengguna, tapi dengan lokasi yang dekat.

Baca Juga: Riset TikTok: Orang Indonesia Suka Konten Belanja Diselingi Hiburan

Ini kabar baik salah satunya untuk kreator dan penggemar konten makanan dan restoran. Selama ini FYP menampilkan konten tersebut tanpa filter lokasi, sehingga pengguna di Jakarta misalnya, bisa saja menonton konten review restoran di Bali atau Surabaya.

Dengan Nearby, FYP dapat menghubungkan penonton dengan kreator yang jaraknya dekat. Pada kasus review restoran, penonton dapat menemukan rekomendasi restoran yang lebih dekat dengan rumahnya.

Ini bisa jadi menyaingi aplikasi rekomendasi restoran atau hotel seperti TripAdvisor atau Google. Beberapa bulan lalu Google mengatakan bahwa pengguna, terutama yang anak muda, mulai beralih ke Instagram dan TikTok untuk pencarian.

Di masa depan, pengguna internet mungkin akan lebih memilih menggunakan TikTok untuk mencari rekomendasi restoran atau tempat wisata. Dibandingkan Google yang hanya menampilkan rating dan informasi kontak, TikTok akan langsung menampilkan video review dari lokasi terkait.

Tentu ini juga menambah sektor periklanan di platform bagi TikTok. Juru bicara TikTok juga mengatakan banyak fitur yang diuji, dan Nearby mungkin akan berubah dan mungkin juga akan dibatalkan.TiktokMedia SosialFYPInstagram


Sumber: Kumparan.com

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.