Tips Dalam Memilih Karpet yang Pas untuk Ruang Keluarga

Memilih karpet yang pas untuk ruangan di dalam rumah, termasuk di ruang keluarga, bukan hal yang mudah. Saat ini pun begitu banyak pilihan karpet yang tersedia di pasaran, dalam berbagai ukuran, motif, bentuk, dan warna.

Berikut ini beberapa tips penting untuk memilih karpet yang pas di ruang keluarga Anda :

Tentukan Ukuran

Karpet yang terlalu kecil menciptakan efek yang tidak sedap dipandang dan mengurangi daya tarik dekorasi ruangan. Sebaliknya, karpet yang terlalu besar akan membuat ruang keluarga tampak sempit dan penuh sesak. Gunakan ukuran ruangan untuk memandu Anda dalam memilih karpet dengan ukuran yang pas untuk ruang keluarga. Aturan praktisnya adalah memilih karpet yang 60 cm lebih pendek dari dinding terkecil di ruangan.

karpet harus pas seluruhnya atau sebagian di bawah semua perabotan utama di dalam ruang keluarga. Bila memilih karpet yang tidak terlalu besar, maka posisikan setidaknya setengah di bawah semua perabotan utama Anda, misalnya sofa, kursi, atau meja, untuk membuat denah lantai yang nyaman dan aman.

Selektif Dalam Memilih Warna

Karpet tersedia dalam setiap warna, pola dan tekstur yang berbeda, yang dapat dipadukan dengan gaya interior tertentu. Selektiflah dalam memilih karpet, sesuaikan dengan desain interior ruang keluarga. Karpet gaya Maroko, misalnya, cocok untuk gaya interior ruang keluarga tradisional, kontemporer, maupun bohemian. Adapun karpet dengan motif geometris cocok untuk interior gaya eklektik dan minimalis.

Sesuaikan Karpet Dengan Kebutuhan

Setiap ruangan memiliki fungsi, ritme, dan tingkat lalu lintasyang berbeda. Semua hal ini harus dipertimbangkan ketika memilih karpet yang sempurna untuk ruang keluarga. Adapun ruang keluarga di rumah yang memiliki hewan peliharaan dan anak-anak harus menggunakan karpet yang dapat menahan kondisi rumah yang berantakan dalam waktu setidaknya enam bulan.