Tips Mempersiapkan Sekolah Tatap Muka

Persiapan sekolah tatap muka dengan segala kebijakannya mulai digaungkan oleh pemerintah meski kita masih berada di tengah pandemi.

Oleh karena itu, persiapan tatap muka harus mendapat perhatian khusus mengingat sudah lebih dari 1 tahun aktivitas belajar anak dilakukan secara daring di rumah.

Memang sekolah juga sudah melakukan berbagai persiapan sekolah tatap muka seperti protokol kesehatan yang ketat. Tetapi, proteksi paling utama harus dilakukan oleh kita sebagai orang tua.

Sebagai orang tua, kita harus mengerti bahwa kebijakan sekolah tatap muka merupakan bagian dari keprihatinan dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang berpengaruh pada kualitas pembelajaran, termasuk soal pendidikan karakter.

Pelaksanaan sekolah tatap muka juga bertujuan agar anak dapat bersosialisasi dengan teman sebayanya serta dapat melakukan kegiatan seperti olahraga dan seni.

Apa saja yang harus dilakukan orang tua saat anak sekolah di tengah pandemi Covid-19?

Mengatur Kegiatan Anak

Pastikan anak-anak tidur cukup di malam hari agar mereka dapat bangun pagi untuk bersiap ebelum berangkat ke sekolah.

Membiasakan Anak Menggunakan Masker

Orang Tua harus membiasakan penggunaan masker dengan mencoba beberapa hal seru yang bisa membuat anak betah memakai masker selama kegiatan pembelajaran tatap muka.

Misalnya, dengan menawarkan beberapa desain masker lucu yang sesuai dengan ukuran anak. Bisa juga mengajak mereka memakai masker saat melakukan aktivitas harian.

Memberikan Pengertian pada Anak Tentang Kondisi Sekolah

Selanjutnya hal yang penting dipersiapkan ialah memberi pengertian pada anak mengenai situasi dan kondisi sekolah yang akan mereka jalani selama pandemi. Kondisi sekolah yang mereka jalani tentu akan jauh berbeda dibanding sebelum pandemi.

Orang Tua harus menyampaikan pada anak-anak mengenai adanya kemungkinan perubahan kebijakan. Pengertian yang kamu berikan diharapkan dapat membantu anak-anak beradaptasi kembali jika ada kemungkinan kegiatan pembelajaran yang menjadi daring.

Jangan Menakuti Anak

Sebagian anak-anak mungkin mengalami cemas dan takut saat akan kembali melakukan sekolah tatap muka.

Sebagai orang tua, penting mengajak anak untuk berdiskusi. Beri kesempatan pada mereka menyampaikan ketakutan dan kecemasan yang mungkin dirasakan.

Tanyakan apa yang membuatnya takut dan merasa gugup saat akan sekolah, serta tanyakan pula apa saja yang akan ia lakukan saat akan sekolah tatap muka.

Ajarkan Protokol Kesehatan

Dengan mengizinkan anak kembali sekolah tatap muka, sebagai orang tua kamu perlu membiasakan mereka untuk kebiasaan hidup bersih menyesuaikan protokol kesehatan.

Ajari anak untuk melakukan kebiasaan seperti menjaga kebersihan tangan dengan rutin mencuci tangan, menggunakan masker di tempat umum, menutup muka saat batuk dan bersin, dan tetap di rumah saat tidak ada kepentingan khusus.

Dorong Anak untuk Bersosialisasi

Pandemi Covid-19 ini mungkin membuat anak jadi tidak bisa bertemu dengan teman-teman sebayanya.

Anak yang terbiasa daring membuat mereka mungkin canggung saat bertemu kembali. Oleh karena itu, ajak anak untuk tetap bersosialisasi dengan teman-temannya meski secara virtual.

Cara ini akan membantu mereka tetap dapat bergaul dengan baik saat kembali sekolah tatap muka.