Tips Pencahayaan di Rumah Agar Listrik Tidak Melonjak

Beranda > Artikel > Tips Pencahayaan di Rumah Agar Listrik Tidak Melonjak

Tips Pencahayaan di Rumah Agar Listrik Tidak Melonjak

Penggunaan listrik yang hemat sangat penting di sebuah hunian karena akan berpengaruh pada total tagihan listrik per bulannya.

Jika Anda memiliki tagihan listrik tinggi, sudah saatnya mencoba pencahayaan yang efisien di rumah.

Konsep cahaya yang efisien ini tidak hanya dengan manfaat ekonomi yang dimilikinya, tetapi juga untuk manfaat lingkungan. Mengonsumsi listrik yang lebih sedikit akan mencegah terjadinya pengurangan sumber daya lebih cepat dan emisi gas berbahaya yang muncul pun menjadi lebih rendah.

Berikut beberapa tips untuk mendapatkan pencahayaan yang efisien di rumah

Manfaatkan Cahaya Matahari

Adanya cahaya matahari membuat kita tidak harus menyalakan lampu seharian. Anda bisa memilih gorden tembus pandang agar sinar matahari bisa lewat dengan baik, tetapi privasi tetap terjaga.

Pilih Fitur Yang Sesuai

Hindari pemakaian furnitur yang sangat tinggi, baik itu rak maupun benda apa saja yang menghalangi cahaya alami masuk sehingga butuh bantuan lampu.

Gunakan Warna Soft di Dalam Rumah

Jika Anda ingin mendapatkan ruang yang luas dan terang gunakan warna-warna soft, baik pada furnitur maupun pada lantai serta dekorasi rumah. Jangan berlebihan karena bisa memberikan rasa dingin di rumah. Padukan dengan sesuatu elemen yang membawa kehangatan seperti warna kayu.

Tempatkan Lampu Sesuai Kebutuhan

Dapatkanlah jumlah cahaya yang kita butuhkan. Misalnya, di kamar tidur tidak perlu menempatkan banyak cahaya karena ruangan ini kita gunakan untuk tidur.

Untuk tempat lain seperti ruang kerja atau dapur membutuhkan cahaya yang lebih terang dibanding kamar tidur. Ketika menempatkan lampu, Anda harus selalu memikirkan untuk apa setiap ruangan di rumah digunakan. Ini akan membantu Anda menyesuaikan kebutuhan cahaya.

Share