Wisata Hutan Sentul

Beranda > Artikel > Wisata Hutan Sentul

Wisata Hutan Sentul

Indahnya Air Terjun Bidadari di Hutan Sentul

Ingin merasakan embusan angin sejuk, kicauan burung dan menikmati pemandangan pegunungan hijau dengan hamparan sawah serta gemercik aliran sungai kini tak perlu pergi jauh.

Anda bisa mengunjungi objek wisata alam di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat yang hanya berjarak sekitar 60 kilometer dari Jakarta.

Destinasi wisata alam bebas yang berlokasi di wilayah Sentul Selatan, Kampung Sukamantri Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang Sentul, Bogor, Jawa Barat adalah Sentul Eco Edu Tourism Forest (SEETF).

Lokasi wisata di tengah hutan pinus dan dikelilingi sungai jernih menjadi daya tarik untuk wisatawan. Di sini pengunjung bisa melepas penat sembari belajar tentang alam.

Sesuai namanya memang tempat rekreasi ini adalah Hutan Pendidikan dan Wisata. Kawasan hutan dengan luas 9.257,22 hektare, semula adalah hutan produksi dengan hasil utama kayu, getah dan hasil hutan Iainnya.

Namun, kini beralih fungsi sebagai hutan lindung dan menjadi pusat edukasi wisata hutan hasil kerja sama pemerintah Indonesia dengan Korea Selatan pada tahun 2008.

Kawasan wisata alam ini diresmikan oleh Menteri Kehutanan Korea dan Menteri Kehutanan RI saat itu tahun 2013. Lahan yang dimiliki oleh Perhutani ini adalah taman hutan yang memiliki konsep kembali ke alam dengan tema Save The World.

SEETF sangat strategis sebagai daerah penyangga yang berdekatan dengan Kota Bogor dan Jakarta.

Berbagai macam kegiatan dapat dilakukan di sini. Di antaranya jelajah hutan, menyusuri sungai, keliling hutan pinus, agrowisata, paint ball, off road, dan masih banyak lagi kegiatan yang bersifat petualangan di alam terbuka.

Objek wisata ini juga memiliki fasilitas lengkap. Seperti dua bangunan penginapan ukuran 1.200 meter persegi, dua asrama berkapasitas 100 orang.

Ada juga dua ruang pertemuan dengan kapasitas 40 orang, kantin resto kapasitas 60 orang, dua ruang tamu dan aula ukuran 200 meter persegi.

Lokasi wisata ini cocok untuk kegiatan pendidikan, pelatihan, rekreasi dan menyalurkan hobi fotografi atau bersepeda. Biasanya pada musim libur, pengunjung berasal dari grup sekolah, perkantoran dan umum yang datang.

Hutan Pinus Gunung Pancar Bogor - Alamat, Fasilitas & Harga Tiket

Tip bagi Anda yang ingin ke sini, sebaiknya mempersiapkan fisik yang bugar dan keberanian. Sebab, area wisata di sini penuh tantangan dengan medan berkelok dan naik turun.

Bahkan ketika tiba di wisata hutan ini para pelancong sudah diuji nyali. Sebab, pengunjung harus melalui jembatan gantung di atas aliran sungai untuk bisa masuk ke dalam area wisata.

Untuk keamanan, dibuat aturan bahwa sekali melintas hanya diperbolehkan dua orang dewasa saja. Dari atas jembatan, pengunjung dapat melihat aliran sungai dangkal beriak di atas bebatuan tersebut.

Setelah melewati jembatan, pengunjung akan kembali menerima tantangan yaitu menaiki anak tangga untuk menuju pusat dari SEETFtersebut.

Selanjutnya, Anda akan disambut dengan gapura sebagai pintu masuk ke area wisata hutan. Sejauh mata pelancong akan melihat hamparan pepohonan rindang nan asri. Hijau dedaunan memang mendominasi di kawasan wisata ini.

Di lokasi wisata pengunjung juga bisa keindahan air terjun di ujung bukit. Meski harus melewati perjalanan yang melelahkan dan menyusui surai yang licin tetapi semua tergantikan dengan menyaksikan pemandangan indah di air terjun. Pengunjung juga bisa menikmati sejuknya air terjun dengan berenang atau main air.

Tidak hanya menikmati hijau dan asri hutan yang terdapat di kawasan ini. Namun kawasan ini juga dikelola dengan tujuan wisata sambil meningkatkan edukasi terhadap setiap pengunjung terhadap lingkungan.

Untuk harga paket yang ditawarkan mulai Rp250 ribu per orang. Misal untuk Anda yang ingin kemping di sini, sudah tidak perlu membawa peralatan. Dengan harga tersebut pengunjung sudah mendapatkan fasilitas perkemahan dari mulai tenda, sarapan, makan siang, makan malam, camilan.

Untuk menuju ke lokasi wisata dapat ditempuh melalui jalan Tol Jagorawi dan keluar di pintu Tol Sentul City menuju arah wisata. Tepat di gerbang pos jaga objek wisata Jungland belok kanan mengikuti petunjuk arah sekitar 2,5 kilometer menuju wisata alam dan edukasi SEETF.

Share