Perbedaan Antara Karpet Masjid dan Karpet Biasa

hjkarpet.com – Siapa yang tak tahu karpet? Alas lantai yang satu ini memang dikenal sebagai salah satu alat dekorasi dengan segudang manfaat. Bukan hanya sekadar sebagai alas duduk dan pemanis ruangan saja, karpet juga mampu meredam kebisingan, menghindari gesekan lantai dengan furnitur, dan bisa memberi sensasi nyaman ketika dipijak.

Karpet Permadani dan karpet Masjid

Dari segi tampilan, umumnya karpet hadir dengan pilihan warna dan motif yang berbeda. Bukan asal sembarang pilih, namun pemilihan karpet berdasarkan warna dan motif mampu memberi kesan berbeda juga pada ruangan. Misalnya, karpet berwarna netral dengan motif bunga bisa memberi kesan alam, sedangkan karpet dengan warna bold dan motif kotak bisa memberi kesan modern minimalis, dan lain sebagainya.

Tapi tahukah Anda, karpet tidak hanya digunakan pada sebuah hunian saja. Pada dasarnya karpet hadir dalam berbagai jenis, salah satunya adalah karpet masjid. Karpet masjid merupakan karpet dengan potongan dan model khusus untuk beribadah.

Namun, bagaimana cara membedakan karpet biasa yang digunakan pada hunian dengan karpet yang digunakan pada masjid?

Yuk simak dulu informasinya dibawah ini.

1. Berbeda Motif

Karpet masjid berbeda dengan karpet permadani / hunian yang hadir dengan beragam motif, warna dan bentuk. Dari motifnya, biasanya karpet masjid hanya memiliki motif pada bagian pinggir dengan area tengah cenderung polos. Tapi, tak jarang juga Anda bisa menemukan karpet masjid dengan motif gambar masjid / pilar dibagian tengah.

2. Berbeda Bentuk dan Ukuran

Perbedaan lainnya yang paling sering ditemui adalah ukuran karpet. Berbeda dengan karpet permadani / hunian yang memiliki banyak pilihan ukuran, karpet masjid hadir dengan ukuran yang memanjang sehingga memudahkan jamaah membentuk shaf yang rapi.

3. Berbeda Bahan dan Ketebalan

Dari segi bahan, perbedaan yang paling menonjol adalah karpet masjid memiliki bahan yang tebal dan terbuat dari nylon. Karpet ini memang sengaja dibuat dengan ketebalan tertentu supaya karpet tidak mudah terlipat atau bergeser saat digunakan. Selain itu, bahan karpet masjid juga dibuat selembut mungkin sehingga jamaah bisa merasa lebih nyaman memakainya.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.